Langsung ke konten utama

Foto-foto Langka Obama Saat Masih Jadi Anak Menteng

Barack Obama adalah Presiden Amerika Serikat ke 44 yang menjabat dari tahun 2008 sampai 2016. Ia dilahirkan pada 4 Agustus 1961 di Honolulu, Hawai. Barry adalah nama panggilannya saat masih kecil. Sudah bukan rahasia umum jika ia pernah dibesarkan oleh ramahnya budaya Indonesia ketika ia tinggal bersama dengan ibundanya di Menteng, Jakarta.


Masa Bayi
Ibunda Barrack 'Barry' Obama adalah seorang perempuan kulit putih asal Kansas yang bernama Ann Dunham. Sedangkan ayahnya bernama Barrack Obama Sr. adalah seorang kulit hitam asal Kenya. Mereka berdua bertemu ketika sedang belajar Bahasa Rusia di Hawai. Mereka berdua menikah pada tahun 1961, namun lalu bercerai pada tahun 1964. Bapak kandungnya pulang ke Kenya setelah bercerai dan menikah lagi di sana. Berry tidak pernah benar-benar bertemu dengan bapak kandungnya sampai Natal di tahun 1971.














Obama ketika masih bayi sampai balita saat berada di Hawaii.

Masa Kanak-kanak di Menteng
Pada tahun 1963, Dunham, Ibunda dari Barry, bertemu dengan seorang lulusan Geografi Universitas Gadjah Mada, Lolo Soetoro, yang sedang melanjutkan study di University of Hawaii. Setelah berkenalan beberapa lama, akhirnya mereka menikah pada tahun 1965. Pada tahun 1966, Lolo pulang ke Indonesia, lalu diikuti oleh istrinya dan Berry kecil pada tahun 1967. Sejak saat itu Barry atau Obama tinggal di Indonesia di daerah Menteng, Jakarta.
Obama bersekolah di Mentang sejak usia 6 sampai dengan 10 tahun. Pertama ia sekolah di Santo Fransiskus Asisi dan kemudian pindah ke SD Negeri Menteng 01. 












Obama bersama dengan keluarga dan teman-teman sekolahnya di Menteng.

Masa Kanak-kanak di Hawaii
Obama kembali ke Honolulu pada tahun 1971 untuk tinggal bersama dengan orang tua ibunya. Obama melanjutkan sekolah di Ponahou School dengan beasiswa sampai lulus Sekolah Menengah Atas pada tahun 1979. Obama tinggal di Hawaii bersama dengan saudara tirinya, Maya Soetoro. Ibunya melanjutkan kuliah antropologi di Hawaii dari 1972 sampai 1975, sebelumnya pada akhirnya kembali ke Indonesia bersama adik tirinya. Ibunya bercerai dengan ayah tirinya, Lolo, pada tahun 1980. Ia kemudian melanjutkan sekolahnya sampai mendapatkan gelar doktoral pada tahun 1992. Namun sayang sekali pada tahun 1995 ibunda Barack Obama meninggal setelah berjuang melawan kanker ovarium. Ayah kandung Barack Obama sendiri, Barack Obama Sr., meninggal pada tahun 1982 pada sebuah kecelakaan lalu lintas. Obama dibesarkan oleh kedua kakek dan neneknya dari pihak ibu. Namun selama terpisah dengan ibundanya, sesekali Obama datang berkunjung ke Indonesia untuk menengok keluargnya di Menteng.





Barack Obama saat bertemu dengan ayah kandungnya pada tahun 1971. 

Barack Obama bersama kakek, ibu dan adik tirinya di Hawaii. 




Barack Obama bersama teman-teman sekolahnya di Honolulu.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Barack_Obama
Sumber foto via:
Vintag.es

Postingan populer dari blog ini

Jalan Berliku Terbangunnya Masyarakat Di Pulau Lombok (Bag. 4)

Guru Sang Ratu: Abdul Karim, Dari Pelayan Menjadi Orang Kepercayaan Ratu Victoria

Busung Lapar di Lumbung Beras: Sebuah Ironi Berulang di Pulau Lombok

Jalan Berliku Terbangunnya Masyarakat Di Pulau Lombok (Bag. 3)

Seni Menyidik Tanpa Kekerasan Dari Veteran PD II