Langsung ke konten utama

London Bridge Ada Di Amerika atau Inggris?

Semua orang tentu sudah familiar dengan lagu London Bridge is Falling Down bukan? Namun pernahkah terpikir dimanakah letak London Bridge tersebut? Di London ataukah di Amerika Serikat?

London Bridge dirancang dan mulai dibangun oleh seorang insinyur bernama John Rennie dan dirampungkan oleh putranya pada tahun 1831, yang berdiri di atas Sungai Thames di London. Sejak jembatan ini diresmikan, lalu lintas yang menyebranginya sangat ramai seperti dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Pada tahun 1962, London Bridge yang telah berusia 131 tahun tidak bisa lagi menampung beban transportasi abad ke 20. Bahkan diketahui bahwa jembatan ini sedikit demi sedikit mulai tenggelam ke dalam sungai Thames.
Di saat yang sama, di Arizona, AS, sedang dibangun sebuah real estate, (kurang lebih mirip dengan Meikarta kali) bernama Lake Havasu City oleh seorang pengusaha minyak kaya raya bernama Robert Mulloch. Ia berniat membangun sebuah kota yang memiliki nuansa agak ke-Inggris-an. Ia lalu kebetulan mendengar adanya lelang atas London Bridge yang sudah terlalu tua untuk Kota London. Ia berhasil mendapatkan jembatan tua itu dengan nilai sebesar $ 2,46 juta! Ia lalu mengangkut jembatan tua tersebut dari Inggris ke Arizona, AS, pada tahun 1964 dengan biaya mencapai $7 juta.
Sosok Robert Mulloch berdiri di atas London Bridge yang ia beli.

Jembatan tersebut diangkut dengan kapal laut, lalu dibangun diatas beton di sebuah daratan dekat Danau Havasu. Setelah itu, air danau dialirkan melalui kanal yang telah dibangun di bawah jembatan tersebut, sehingga terbentuk kanal atau sungai buatan.
London Bridge yang berada di Havasu Lake City, Arizona.
Lalu bagaimana dengan nasib orang-orang London? Di London sendiri jembatan yang baru lalu dibangun dari tahun 1967 sampai dengan 1972 oleh seorang arsitek bernama Lord Holford dan perusahaan kontraktor bernama Mott, Hay and Anderson. Jembatan ini kemudian diberi nama London Bridge.
Lalu dimanakah letak London Bridge sebenarnya? Hmmm.. Kalau boleh dibilang sih London Bridge ada di London dan juga ada Arizona.

Referensi:

Postingan populer dari blog ini

Jalan Berliku Terbangunnya Masyarakat Di Pulau Lombok (Bag. 4)

Guru Sang Ratu: Abdul Karim, Dari Pelayan Menjadi Orang Kepercayaan Ratu Victoria

Busung Lapar di Lumbung Beras: Sebuah Ironi Berulang di Pulau Lombok

Jalan Berliku Terbangunnya Masyarakat Di Pulau Lombok (Bag. 3)

Seni Menyidik Tanpa Kekerasan Dari Veteran PD II