Langsung ke konten utama

Arsip-arsip Rahasia yang Dapat Merubah Sejarah

Pada tanggal 26 Oktober 2017 arsip rahasia tentang pembunuhan Presiden John F. Kennedy telah dibuka ke publik sesuai dengan perintah Kongres Amerika Serikat pada tahun 1992 dan dengan persetujuan Presiden Donald Trump. Sebelumnya, telah dirilis juga korespondensi Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia saat terjadi penumpasan PKI pada tahun 1965. Selain itu, masih banyak lagi arsip yang menunggu untuk dilepas ke publik yang mungkin akan dapat merubah sejarah.



  1. Warren Burger adalah Mahkamah Agung Amerika Serikat sejak 1969 sampai dengen 1986. Ia memiliki banyak catatan penting terkait kasus-kasus hukum di Amerika Serikat, termasuk kasus-kasus dengen hukuman mati dan yang paling penting adalah kasus Watergate yang berakibat terhadap diberhentikannya Presiden Nixon sebagai Presiden Amerika Serikat. Saat ini arsip beliau ada di College of William & Marry yang diberikan oleh putra Warren Burger pada tahun 1996. Arsip ini akan dibuka kepada publik pada tahun 2026. 

  2. Semasa hidupnya, aktifis kulit hitam Marthing Luther King Jr. telah dimata-matai oleh FBI atas persetujuan dari adik Presiden Kennedy, Robert Kennedy, karena ia dituduh memiliki keterkaitan dengan gerakan komunis. Walaupun pada akhirnya tuduhan tersebut tidak terbukti, namun hasil rekaman dari proses penyadapan tersebut masih dirahasiakan sampai nanti pada tahun 2027.
  3. Bodleian Library yang berada di Oxford University merilis surat-surat yang berkaitan dengan penurunan tahta pangeran Edward VIII, paman dari Ratu Elizabeth II, yang terkait dengan surat-menyuratnya dengan seorang janda asal Amerika Serikat yang bernama Wallis Simpson. Namun dari seluruh dokumen tersebut, ada satu dokumen yang belum terungkap, dan rencananya akan diungkap pada 2037. Isunya, dokumen tersebut mengandung bukti keterlibatan ibunda dari Ratu Elizabeth dalam mendukung NAZI yang dipimpin oleh Hitler di Jerman.
  4. Pada tahun 1937, Harvard Study of Adult Development meneliti dan menelusuri kehidupan 268 mahasiswa. Diantara para mahasiswa tersebut terdapat nama John F. Kennedy. Kuesioner dan laporan akhir penelitian ini dijaga kerahasiaannya karena dianggap sensitif dan akan dibuka nanti pada 2040.
  5. Salah satu orang penting dalam tubuh Nazi adalah Rudolf Hess. Ia adalah deputi dari Adulf Hitler. Setelah kekalahan Nazi pada Perang Dunia II ia ditangkap dan disidang di Nurenberg. Dalam penyidikan ia mengatakan bahwa pada tahun 1941 ia terbang ke Skotlandia untuk bertemu dengan perwakilan Inggris untuk membahas tentang perdamaian dengan Inggris dan melawan musuh bersama yakni Uni Soviet. Ia juga sempat berkorespondensi dengan Raja George VI, ayah dari Ratu Elizabeth II. Isi dari pertemuan dan korespondensinya dengan Raja Britania Raya saat itu sangat sensitif karena akan dapat membuka 'sisi gelap' dari Pemerintahan Britania Raya saat itu. Oleh karena itu, transkrip pertemuan tersebut masih disimpan sampai tahun 2041 karena dianggap dapat merusak reputasi Britania Raya.
  6. Pada bulan Mei 1945, Angkatan Udara Inggris menembak sebuah sebuah kapal laut Nazi yang berlayar dari Norwegia atau Swedia. Hanya 350 orang yang selamat dari 7.000 penumpangnya. Kenyataan yang paling mengejutkan adalah ternyata kapal Nazi tersebut digunakan untuk mengangkut pengungsi Yahudi yang melarikan diri dari Perang Dunia II. Arsip yang merekam tentang penembakan kapal laut ini akan diungkap nanti pada 2045.
Arsip dan gambar via: Smithsonianmag

Postingan populer dari blog ini

Jalan Berliku Terbangunnya Masyarakat Di Pulau Lombok (Bag. 4)

Guru Sang Ratu: Abdul Karim, Dari Pelayan Menjadi Orang Kepercayaan Ratu Victoria

Busung Lapar di Lumbung Beras: Sebuah Ironi Berulang di Pulau Lombok

Jalan Berliku Terbangunnya Masyarakat Di Pulau Lombok (Bag. 3)

Seni Menyidik Tanpa Kekerasan Dari Veteran PD II